Sunday, 28 April 2013

TUTORIAL BUTTERCREAM SABLON

Berikut adalah tutorial Teknik Sablon Buttercream yang saya pakai di cake Doraemon saya di postingan yang ini. Ini sebenarnya adalah teknik dekorasi lama, dimana buttercream masih menjadi pilihan utama bagi para cake decorator. Sekarang, di Indonesia saja nih, sudah banyak pilihan bahan dekorasi, mau pake fondan, buutercream, plus edible image, dan ini dan itu dan anu... ^_^

Yuk ah, mulai aja yaaa...
1.  Siapkan gambar yang diinginkan. Di sini saya pake gambar Doraemon, saya cetak di kertas ukuran A3 (karena cakenya ukuran 24 cm, kurang besar kalo dicetak di atas A4). Siapkan 2 lembar. Satu bagian dipotong-potong sesuai pola : mata, hidung, mulut, dan lain-lain. Satunya untuk panduan.

2.Siapkan cake yang akan dihias, poles buttercream semua permukaannya. Untuk bagian atas, tipis-tipis saja.



3. Letakkan potongan-potongan pola di atas cake. Satukan kembali (seperti menyusun puzzle) menjadi sebuah wajah yang diinginka. Untuk panduan,gunakan gambar utuh.

4. Dengan tusuk gigi bersih atau alat yang sejenis, jiplak pola pada cake. Setelah selesai, angkat kertas pola. Bisa dilihat di cake saya, ada buttercream yang ikut terangkat bersama kertas. Tidak apa-apa, nanti juga ketutupan. Atau, kalau pengen cakenya tetap halus, masukkan dulu sebentar cake yang sudah dipoles BC ke kulkas, baru tempel pola. Di foto di bawah ini, pola sudah terlihat.





5. Dengan BC hitam,gambar sketsa mengikuti alur. Bisa memakai spuit, atau bisa  juga dengan menggunting ujung piping bag, kecil saja.



6. Mulai isi dengan warna yang diinginkan.Saya memulai dengan warna putih. Dimulai dari bagian yang paling dekat dengan garis,perlahan melebar.



7. Kemudian diikuti dengan warna lain.

8. Selesaikan sesuai selera. Disini saya hanya membuat border di sekeliling bawah cake, dan hiasan simpel di sekeliling dari fondan.




Semoga tutorial dan tips di dalamnyabermanfaat. Selamat mencoba! *_^

Salam,
Yupi-Royal Cookies